Sabtu, 15 Maret 2014

Transducer



SISTEM KONTROL DAN MONITORING KEAMANAN RUMAH

Rancangan sistem (trasducer) ini saya buat karena banyaknya kejadian kemalingan yang terjadi ketika pemilik rumah tertidur ataupun ketika tidak ada orang di rumah. Hal tersebut terjadi karena kurangnya keamanan rumah dan kewaspadaan pemilik rumah. Sistem ini adalah pengembangan dari ide salah satu dosen Politeknik Negeri Semarang, Bapak Agus Rochadi. Saat itu beliau bercerita di kelas saya tentang sistem keamanan rumah dengan memanfaatkan sensor yang akan mebunyikan alarm.

Kontrol setting sistem yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penyusupan/pencurian di rumah ini, dilakukan dengan menyetting program melalui komputer atau melalui hp yang akan disalurkan ke komputer (dibuat program tertentu untuk menghubungkan pengaturan hp ke komputer). Berikut ini diagram blok dan prinsip kerja Sistem Kontrol dan Monitoring Keamanan Rumah.

(Diagram Blok Transduser Sistem Kontrol dan Monitoring Keamanan Rumah)

Prinsip Kerja Sistem Kontrol Dan Monitoring Keamanan Rumah :
  • Setting controller melalui laptop atau hp untuk mengaktifkan sensor. 
  • Tiap tamu harus memencet bel, yang akan diinformasikan ke pemilik rumah melalui bel di dalam rumah dan hp (bisa berupa pesan pendek atau panggilan masuk). 
  • Jika tamu langsung membuka gerbang, akan mengaktifkan sensor gerak, dan membunyikan bel peringatan 1. 
  • Jika tamu langsung memasuki halaman rumah, akan mengaktifkan sensor infrared/suhu tubuh, dan membunyikan bel peringatan 2. 
  • Jika tamu langsung mendekati/membuka pintu rumah, akan mengaktifkan sensor jarak, dan membunyikan bel peringatan 3. 
  • Ketika bel peringatan berbunyi, maka akan ada peringatan ke hp dengan mengirimkan pemberitahuan ke hp sensor apa yang telah berbunyi.
Kira - kira  seperti itulah rancangan Sistem Kontrol dan Monitoring Keamanan Rumah. Agar bisa melakukan perubahan menjadi lebih baik, jangan lupa tinggalkan Komentar, Kritik, dan Saran yaa.. :) Terimakasihh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar