Kamis, 27 Maret 2014

Sensor Mekanik



SISTEM REM DARURAT KENDARAAN BERAT



Selain mesin yang berfungsi untuk menjalankan / menggerakkan kendaraan, rem merupakan hal yang tak kalah penting untuk menjaga dan mengimbangi fungsi gas. Namun fungsi kepakeman rem bisa berkurang bahkan tidak berfungsi (biasa disebut rem blong), hal tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain pengaruh beban yang dibawa dan kondisi jalan berupa turunan.

Bagi pengendara  kendaraan berat yang membawa muatan berat, melewati jalanan yang menurun bisa saja menimbulkan kekhawatiran bagi pengendara sendiri maupun kendaraan yang berjalan  disekitarnya jika rem blong. Saat melewati turunan panjang dan dilakukan pengereman, maka kampas rem dan rooter disc (piringan rem) akan bergesekan dalam waktu yang lama dan menimbulkan panas. Sehingga menjadi tidak pakem dan memicu terjadinya tabrakan.

Maka dari itu dibutuhkan rem darurat dengan sensor mekanik untuk mengurangi resiko tabrakan yang menyebabkan timbulnya korban jiwa dan kerugian material. Berikut diagram blok Sensor Mekanik SISTEM REM DARURAT KENDARAAN BERAT :


Sensor Mekanik SISTEM REM DARURAT KENDARAAN BERAT
(Diagram Blok Sensor Mekanik SISTEM REM DARURAT KENDARAAN BERAT)



Double Rem
(Double Rem)


Prinsip kerjanya :
  • Aki digunakan sebagai power supply.
  • Saat mesin dinyalakan, saklar aki akan terhubung dan power disalurkan.
  • Sensor mekanik diletakkan di sekitar disc brake (menghitung gerakan angular).
  • Sensor mekanik akan berfungsi setelah rem (utama) diinjak.
  • Sensor mekanik memiliki saklar yang akan terhubung secara perlahan jika kecepatan angular tidak berkurang secara signifikan.
  • Rem darurat bekerja sesuai dengan pergerakan saklar sensor mekanik (semakin terhubung saklar, semakin rapat pula brake pads / kampas rem).
  • Kendaraan dapat berhenti dan tidak terjadi kecelakaan karena rem blong.



Mengurangi resiko kecelakaan, diawali dengan kewaspadaan diri dengan peduli dengan kesehatan dan alat keselamatan pada kendaraan yang digunakan.


Semoga bermanfaat yaa..

Jangan lupa tinggalkan saran, kritik, dan komentar.. terimakasih.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar