Sabtu, 29 Maret 2014

Sensor Proximity



HOSPITABLE ESCALATOR






Escalator atau tangga berjalan biasanya digunakan untuk menuju lantai yang lebih tinggi atau rendah sebagai pengganti tangga biasa. Tapi seperti yang sudah ada di berita, banyak korban terutama anak – anak yang terjepit escalator yang terus berjalan / berputar. Dan orang – orang yang memiliki disabilitas tidak bisa menaiki escalator karena anak tangganya terlalu sempit, atau terlalu landai untuk kursi roda.

Maka dari itu dibuatlah rancangan HOSPITABLE ESCALATOR (tangga berjalan yang ramah) dengan anak tangga yang  lebih luas dan kecepatan yang tidak terlalu cepat. Escalator ini menggunakan sensor beberapa sensor yaitu Sensor Mekanik dan Sensor Proximity. berikut diagram blok HOSPITABLE ESCALATOR dengan sensor Mekanik dan Sensor Proximity :


hospitable escalator (sensor proximity)


Prinsip kerja HOSPITABLE ESCALATOR dengan sensor Mekanik dan Sensor Proximity adalah :
  • Escalator akan berhenti / diam ketika tidak digunakan (tidak ada beban yang diangkut).
  • Sensor mekanik akan mendeteksi beban yang berada di atas escalator.
  • Setelah beban tenang (pertanda pengguna escalator sudah siap), beberapa detik kemudian escalator akan berjalan secara otomatis.
  • Dipasang perhitungan pada mesin agar escalator berhenti otomatis setelah beban sampai ujung / tujuan.
  • Sensor proximity  dipasang disetiap anak tangga untuk mendeteksi jenis penopang beban.
  • Jika penopang beban berupa roda (misal : pemakai kursi roda), maka penahan kecil di belakang (untuk escalator naik) / di depan (untuk escalator turun) anak tangga akan naik dan mengganjal roda agar tidak menggelinding.
  • Sensor proximity mendeteksi jarak kaki jika terlalu dekat dengan pinggir escalator, untuk mencegah kejadian terjepit.
  • Pada tiap ujung escalator diberi speaker dan layar kecil dengan tanda – tanda dan video agar  pengguna siap dan waspada ketika menggunakan escalator.

Demikian  rancangan HOSPITABLE ESCALATOR dengan Sensor Mekanik dan Sensor Proximity . Semoga bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan saran, kritik, dan komentar… ^0^9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar