SISTEM CUT OFF ENGINE
SAAT OVER HEAT
Seperti yang sudah diketahui, seringnya para
pengendara (kendaraan ringan) hanya menjaga kondisi kendaraan dari luar saja.
Padahal hal terpenting yang perlu diperhatikan ketika mengemudi adalah dengan
memastikan mesin dalam kondisi yang baik dan stabil. Banyak pengemudi yang
tidak menyadari bahwa meningkatnya suhu pada mesin bisa menyebabkan kerusakan
yang fatal. Hal tersebut terjadi karena keterlambatan penangan kerusakan awal
yang biasanya ditandai dengan memanasnya mesin di atas batas normal ketika
digunakan.
Suhu normal mesin saat digunakan adalah sekitar 82oC
- 85oC. Jika mesin terus dipaksakan bekerja, maka suhu tersebut akan
terus meningkat hingga mencapai suhu maksimumnya (100oC). Dan
setelah mencapai suhu maksimum, mesin akan mati dan tidak dapat digunakan.
Biasanya jika sudah seperti itu, perlu dilakukan perbaikan besar dan
penggantian bagian mesin karena dipastikan ada beberapa bagian yang sudah
meleleh atau bahkan tidak bisa berfungsi lagi.
Maka dari itu dibuatlah SISTEM CUT OFF ENGINE
SAAT OVER HEAT menggunakan Sensor Suhu
dengan tujuan :
- Mengamankan komponen engine terutama SILINDER HEAD yang harganya puluhan juta.
- Untuk mengurangi resiko kerugian waktu dan biaya perbaikan yang tidak perlu.
- Menimbulakn rasa aman dan nyaman ketika berkendara.
Berikut diagram blok SISTEM CUT OFF ENGINE SAAT OVER HEAT menggunakan Sensor Suhu :
(Diagram Blok Sensor Suhu SISTEM CUT OFF ENGINE SAAT OVER HEAT) |
Prinsip kerjanya :
- Semua bagian menggunakan aki sebagai power supply.
- Saat mesin dinyalakan, saklar aki akan terhubung dan power akan disebarkan pada semua bagian.
- Sensor suhu dipasang pada engine.
- Sensor suhu memiliki saklar yang akan terhubung secara perlahan tergantung suhu yang diukur (semakin tinggi suhu saklar semakin terhubung, dan sebaliknya).
- Saat suhu mencapai 86oC (mulai melebihi batas), alarm akan berbunyi perlahan dan lampu indikator akan menyala.
- Saat suhu mencapai 90oC, alarm peringatan akan berbunyi dengan cepat dan lampu indikator akan berkedip – kedip.
- Saat suhu mencapai 95oC, sistem akan mematikan mesin (cut off).
- Pencegahan kerusakan fatal pada kendaraan ringan berhasil.
Jadi begitulah SISTEM CUT OFF ENGINE SAAT
OVER HEAT menggunakan Sensor Suhu bekerja. Semoga bermanfaat.. ^^
Jangan lupa tinggalkan saran, kritik, dan
komentar yaa.. ^o^/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar