Senin, 19 Desember 2016

RINGKASAN REFERENSI “PENDETEKSI TANAH LONGSOR” (3)



Nama Jurnal         :   RANCANG BANGUN ALAT MONITORING TANAH LONGSOR PADA DAERAH RAWAN LONGSOR DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR WIRE EXTENSOMETER DAN SENSOR TIPPING BUCKET
Authors                  :   Mohammad Mahmud Ibrahim, Harianto, Madha Christian Wibowo
Edisi/Volume       :   JCONES Vol. 4, No. 2 (2015) Hal: 34
Tahun                     :   2015


Perancangan sensor curah hujan menggunkan Tipping Bucket resolusi 12 ml, dengan pencatatan curah hujan berdasarkan per-tipping. Sensor akan bekerja jika ada air hujan yang masuk melalui corong dan terkumpul pada ujung corong yang akan jatuh pada bucket. Pergerakan bucket akan menyebabkan magnet mengontak reed switch kemudian air akan terbuang ke lubang pembuangan dan bucket akan kembali ke posisi semula. Saat reed switch mengontak, mikrokontroler akan melakukan penjumlahan data secara terus menerus hingga hujan berhenti. Sedangkan untuk konfigurasi Peringatan Dini Terhadap Tanah Longsor merupakan akumulasi perhitungan algoritma antara curah hujan (tipping bucket) dan pergeseran tanah (wire extensometer) dengan 3 ketentuan kondisi yang dijadikan 3 tahapan peringatan.

Kesimpulan dalam jurnal ini antara lain jika air yang diukur pada bucket  kurang dari resolusinya (>12 ml) maka air akan tergenang dan tidak dapat diukur. Error yang terjadi dalam penggunaan sensor curah hujan tipping bucket lainnya dikarenakan sifat alamiah air yaitu adhesi. Saat proses penuangan air ke dalam corong ada air yang tertingal dalam corong dan terpercik keluar, sehingga tippingan terakhir kurang dari 12 ml dan bucket tidak berhasil melakukan tipping karena terjadi error hingga 4 ml.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar